..a piece of my mind..

Just an ordinary woman, trying to live her life to the fullest.

Rabu, 26 Oktober 2011

sindrom tenaga medis.. parno to ourselves! August 7 2009

begitu masuk FK, semua orang di sekitar kita akan menaruh harapan lebih.. walau mungkin saat kita baru diterima SPMB (hah? bapak, ibu.. otakku masih kosong.. tong tong tong).. setelah kita mulai dapet ilmu2 klinik, penyakit, obat de el el.. baru d.. ternyata gak cuma orang di sekitar kita yang akan bertanya-tanya.. even diri kita sendiri juga akan bertanya-tanya, apa yang terjadi sebenernya di dalam tubuh kita..

pernah ga loe merasa sakit or at least ada patologi dalam tubuh.. and yang loe pikirin langsung hal-hal misterius yang prognosisnya malam (hue? mikirnya jauh amat bu..).. contohnya neh.. gw jabanin satu-satu..

gw selalu parno rambut gw rontoknya banyak.. padahal dari dokter kulit dah bilang.. memang pas keramas tuh rambut akan rontok 2x lipat.. jadilah gw berburu hair tonic... diubek-ubek rambut.. tapi lama-lama.. hei! ternyata rambut gw masi tebel koq.. hm.. buat apa ya takut.. akhirnya tuh hair tonic mulai terlupakan..

waktu di bagian mata, gw dapet petuah dari seorang dokter "buat kamu yg minusnya nanggung.. hati2 loh.. justru yg ablasi retina kebanyakan yg minusnya nanggung.. kira2 sekitar 5 an lah.." deng deng deng.. WTF!! kawatir!!! sekarang setiap gw liat flare ato floater, gw pasti langsung parno! or kalo perubahan posisi dari tidur ke duduk/berdiri n pandangan jadi black out.. gw pasti langsung deg2an.. padahal.. for God's sake! itu cuma hipotensi postural.. ck!

berhubung gaya hidup yang tidak sehat dan kemalasan, gigi gw jadi suka ngilu.. eh.. ini sih kemungkinan bener penyakit ya.. weks! takut periodontitis.. mesti PSA donk? hm... takut ah.. ohya.. akhir2 ini gw juga suka ngerasa TMJ gw bermasalah.. hiks.. tapi denger kuliah gimul, kalo harus operasi?? oh nO! serem..

batuk! masalah paling umum di tempat praktek dokter di seluruh dunia.. pernah ga seh loe takut kalo batuk yg loe derita bukanlah batuk biasa (BBB mode on),.. berawal dari sakit batuk gw entah berapa lama yang lalu.. secara gw juga males minum antibiotik, jadilah tuh batuk yang awalnya gw yakin cuma infeksi virus, berkembang jadi infeksi bakteri.. entah sapa temen gw yg punya kebun bakteri yg powerful, tapi tuh batuk gak sembuh2.. sampe akhirnya gw desperate nyari azitromisin.. yang akhirnya gak jadi karena harganya ga ketulungan mahalnya.. untung aja.. sembuh sendiri.. BUT! saat temen baik gw bilang, tnyata die BTA +, gw jadi takut lagi.. hiks.. nasib jadi dokter!! penyakit apapun bisa kena..

sakit perut a.k.a diare/konstipasi.. entahlah karena gw makannya suka jorok n gak pilih tempat, ato emang asupan minum yang kurang, asupan sayur n buah yg kurang.. gw pasti akan langsung berpikiran.. tumor? damn! pengaruh buruk bacaan textbook yang merongrong selama di FK.. God! just drink Y*k*lt or v*t*ch*rm ato lactoB.. and makan yg bener.. cih! kebanyakan pikiran yang ngga2 seh..

during PMS.. gw selalu takut gw punya endometriosis gara2 abdominal pain before n during d period.. nah kalo yg ini jg gw bener takut.. secara prevalensinya cukup besar, n komplikasi ke depannya cukup serius.. huhu.. it's hard being a woman n harder being a woman who understands medicine.. hiks

dulu pertengahan tingkat 5, gw pernah terjatuh di tangga busway! yup! jangan ketawa temen2.. waktu itu licin gara2 hujan n sepatu crocs-ku tersayang udah aus rupanya saking keseringan gw pake.. jatuhlah dengan sukses sambil terduduk.. sakitnya iya! malunya lebih-lebih! n saat itu gw takut.. takut pergelangan tangan gw kenapa2 (karena sakit bgt kalo digerakin) n takut spine gw kenapa2 (hurts when bending).. untungnya emang gak kenapa2.. tapi.. deg2annya itu..

seringnya gw exist di dunia maya juga membawa satu problem tersendiri.. mungkin cara duduk gw yang salah... but.. gw sering ngerasa nyeri di pinggang yg menjalar ke kaki.. should i worry? yeah.. i think, i should.. hiks.. hilang timbul seh.. tapi takut.. hiaaa HNP, pergilah jauh-jauh dariku..

tuh kan.. temen2..
susah ya jadi mahasiswa FK..
bawaannya parno mulu..
apalagi sekarang dah jadi 'dr'
kita harus kawatir ke diri kita sendiri + pasien kita..
huh.. nasib.. nasib!

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda