..a piece of my mind..

Just an ordinary woman, trying to live her life to the fullest.

Rabu, 26 Oktober 2011

spesialis.. to be or not to be July 29 2009

Saat acara yudisium senin, 27 juli 2009 kemarin, seorang teman bertanya.. "Mau ambil spesialis apa Cie?"

Dengan yakin, gw mengatakan.. "Tergantung.. Apakah dalam 1 tahun mendatang gw akan dapet jodoh apa nggak.."

Teman itu bingung dan menuntut penjelasan..

"Maksudku.. bila nanti dapat jodoh, mungkin aku akan memilih bagian2 minor supaya bisa membantu memelihara sebuah keluarga.. Tetapi kalau aku masi jomblo juga, baru deh mikirin bisa masuk bagian mayor.. Soalnya belum ada jawab yang harus kutanggung.. eh, maksudnya soal keluarga baru.."

Teman itu tidak puas dan bertanya, "Kalau begitu bagaimana dengan bagian yang loe suka? Haruskah mengorbankan kepuasan pribadi loe karena pasangan?"

"Well for me, itu tergantung.. Masalah suka atau tidak suka belajar ilmu yang bersangkutan, itu bisa diusahakan.. Bukan harga yang mati. Semua rencana yang baik pasti akan membuahkan hasil yang baik.. Jadi untuk apa merasa berat.. Dan juga, jangan liat hanya dari konteks hari ini, tetapi lihatlah pada keseluruhan rencananya.. Seperti investasi saham, mungkin modal yang kita setorkan hari ini tidak akan kelihatan hasilnya bila dihitung harian. Cobalah dibiarkan, maka dalam suatu hitungan waktu, kita akan memperoleh hasil yang memuaskan.

Gw mencoba mengulangi kata-kata orang idealis.. Kalau bisa karir dan keluarga bisa berjalan beriringan.. Tetapi bila hanya diucapkan, utopia itu tidak akan jadi kenyataan.. Pasti ada hal-hal yang harus dikorbankan. Apabila gw memutuskan untuk mengambil hanya bagian minor tetapi gw juga akan mendapatkan kebahagiaan batin memiliki sebuah keluarga yang harmonis dan menjadi pribadi yang utuh, apakah hal itu kurang sempurna? Tentunya kembali pada impian masing-masing orang"

Jadi, apabila gw ditanyakan kembali pertanyaan yang sama, akan gw jawab pula jawaban yang sama.. Tanpa berat hati, tanpa keraguan..

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda